Jumat, 06 Mei 2016

Applet

Haloo pemirsa. Sekarang waktunya kita bermain games ya. Di matematika itu juga ada gamesnya juga, tentu games disini merupakan games edukasi yang dapat digunakan sebagai media pemmbelajaran. More Info langsung aja ya..

Applets " Colouring Side 2" Game Edukasi Matematika
1. Pegertian Applet
Applet merupakan sebuah program kecil yang ditulis dengan menggunakan bahasa pemrogaman java yang diakses melalui halaman web dan dapat didownload kedalam mesin klien yang kemudian menjalankan didalam jendela applet. Sedangkan java itu sendiri merupakan bahasa pemrograman yang dapat dijalankan diberbagai komputer termasuk juga telpon genggam  .  Untuk mengakses applet tentunya, komputer yang kita gunakan harus mempunyai program java terlebih dahulu, serta memiliki program penjelajah web yang dapat menjalankan java, seperti: microsoft internet explorer 4.0 ke atas, netscape navigator, mozilla firefox, dan opera.
Dalam jendela applets banyak program permainan yang tersedia.Tipe kesulitan dalam bermain applet juga beragam. Permainan dalam applet mempunyai tingkat kesulitan yang beragam. Applets merupakan suatu program yang menarik, yaitu sebuah program yang digunakan untuk bermain game, tentunya dalam bermain game yang dimaksud  terdapat edukasi yang diberikan.

2. Pengertian Colour side 2
Colour Sides 2 adalah salah satu permainan  yang ada dalam program applets. Permainan yang dimainkan dengan bahasa pemrogama java. Program colour side 2 dapat dimainkan oleh siapa saja, baik siswa SD, SMP ataupun siswa SMA. Namun, permaiann ini lebih cock untuk dimainkan oleh siswa SD, khususnya siswa kelas 5 dan 6, serta siswa SMP khususnya kelas 1 dan 2, untuk memahami serta melakukan pengayaan lagi tentang bangun ruang. Permainan colour side 2 terbilang cukup mudah, karena dalam bermain colour side 2 kita hanya diajak untuk memilih sisi ataupun bagian dari bangun yang berwarna merah, sesuai pada soal. Pada  permainan ini terdapat 20 pertanyaan.
Dalam permainan ini, adapun indikator pembelajarannya, yaitu: memilih sisi bangun ruang yang dimaksud pada soal, menyelidiki sisi bangun ruang yang dimaksud pada soal, meramalkan sisi bangun runag yang dimaksud , serta menunjukkan sisi bangun ruang yang dimaksud pada soal, dan tentunya memecahkan penyelesaian dari soal tersebut.
Untuk pemberian penilaian dalam permainan ini, kita dapat melakukan penilaiyannya dengan cara melihat bagaimana siswa mampu berpikir kreatif dalam mencari jawaban yang benar pada soal serta kita dapat melakukan penilaiyannya dengan melihat berapa banyak soal yang berhasil dijawaban dengan benar.


3. Cara Bermain Colour Side 2
 Bermain colour side 2 terbilang mudah, yaitu dapat dilakukan dengan cara:
1.      Aksess www.fi.uu.ni/wisweb/applet
2.      Lalu, buka dahulu program Colour Side 2.
Lalu akan muncu tampilan, seperti gambar dibawah ini.



3.      Selanjutnya dengan melihat  bagian-bagian object yang berwarna merah, pada kolom soal. Temukan sisi merah dalam object dengan cara mengklik bagian
sisi yang dianggap pemain warna merah, pada bangun tersebut.
4.      Lalu klik OK .
Jika jawaban benar maka akan muncul kata “OK”.
 



Jika jawaban salah akan muncul kata“Wrong”. Dan jika pemain salah dan ingin mengulang lagi jawaban pertanyaan klik “Try Again”.


 


5.      Untuk melanjutkan permainan tersebut kepertanyaan selanjutnya silahkan klik “Next question”.

 


4.4 Manfaat dari Colour side 2
Dengan bermain colour side 2, tentunya akan banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh diantaranya:
1.      Mendapatkan pelajaran edukasi.
Colour side 2 tidak semata merupakan game seperti pada umumnya saja, namun dengan bermian colour side 2 kita juga akan mendapatkan pelajaran edukasi, khusunya mengenai materi bangun runag.
2.      Melatih kecermatan dan kesebaran pemain dalam bermain.
Dengan bermain colour side 2 juga dapat melatih kecermatan serta kesabaran kita, karena dalam bermain ini para pemain dilatih untuk cermat dalam memilih bagian mana yang berwarna merah, sesuai dimaksud pada soal  serta dilatih kesabaarannya karena sisi-sisi yang dimaksud dalam soal mempunyai kemiripan satu dengan yang lainnya.
3.      Pemain menjadi berusaha untuk mengetahui kebenaran soal.
Dalam bermain colour side 2, jika jawaban pemaian salah hanya akan muncul kata “wrong” dan jawaban yang benar dari soal tidak ikut muncul, dengan hal itu lah pemain akan memiliki rasa penasaran serta akan berusaha mengetahui  jawaban yang benar dari soal.
4.      Pemain mampu berpikir kreatif.
Dengan adanya kemiripan-kemiripan dari dalam soal, serta dalam sisi ataupun bagian dari bangun yang dimaksud, para pemain dituntut untuk mampu berpikir kreatif, agar mendapat jawaban yang benar.
5.      Memanfaatkan internet dengan hal yang positif.

Dengan maraknya masalah penyalahgunaan internet dikalangan siswa, adanya program applet ini dapat dimenjadi solusinya.  Untuk menjalankan program applet, termasuk colour side 2, kita perlu terhubung ke koneksi internet. Dengan demikian dengan bermain applet, termasuk colour side 2 hal ini berarti juga kita telah memnfaatkan internet dalam hal yang bersifat positif, khususnya bersifat edukasi.

1 komentar:

  1. wah...postingannya sangat menarik Rent. Namun akan lebih baik jika didalam postingan ini disertakan juga level kelompok siswa yang kira-kira bisa diajarkan game ini, supaya lebih jelas aja...

    BalasHapus